"Journey, it's not about where you go, where you stay, but how you enjoy it with or without friends. Be grateful" - Mine

Rabu, 20 Juli 2011

#009 creativeNOTpassive

Awalnya krik krik, sekarang kriuk-kriuk euy...!
Mungkin kalimat pembuka di atas cocok buat ngegambarin proses magang gw yang udah mau memasuki seminggu. Baru seminggu???! Iya gw baru seminggu tapi kok kaya udah sebulan ya. Kenapa bisa begitu?

Tadinya gw ngerasa "kecil" di tengah orang-orang yg jauh lebih tahu, pintar, dan ahli dalam dunia advertising. Ya you know-lah.. Mereka gak jauh-jauh anak advertising, komunikasi, dan dkv. Sedangkan gue? Sastra Inggris? Rada gak nge-pop sih jurusan gw di advertising. Tapi gw ngerasa apa yg udah gw pelajarin di kampus, hampir ke pake semua. Speaking, grammar, puisi, wacana dan sastra, gaya bahasa, dan lain-lainnya. Intinya iklan gak pernah bisa lepas dari bahasa.

Anak-anak magang cepet bgt nge-boundingnya. Gw jg saling bantu-bantu untuk mikirin tagline2 kaya apa yg cocok buat produk mereka. Kalo mereka lebih ditekankan Bahasa Indonesia. Nah, beda lg kalo gw. Mentang-mentang gw anak Inggris, gw disuruh buat iklan in English. Ya biasalah..gancil !

Apanya yang gancil?? Setiap saat gw mau cari ide, gw pasti ngelamun sambil pake headset. Atau nggak, sambil nunggu macet di bis, tiba-tiba liat orang lg ngapain, terus kepikiran ide. Jadi timing ide muncul itu bebas. Dan gw seneng banget, kerja gw gak di press sama mas-mas atasan gw. Atau mungkin belum tiba waktunya untuk di press, baru 1 minggu juga gitu.

Kalo masalah kerjaan, gw selalu berkeinginan besar untuk membuat atasan tersenyum manis. Kalo ide lo garing atau "apaan-seh bgt" idenya, itu bisa jd pemicu lo menyadari kalo gak semua lelucon lo itu bagus di mata mereka, haha. dan satu hal lagi yang ditekankan adalah , Jgn pernah cepet puas. Gali dan gali terus ide yang masih mentah

Pola pikir kita tuh jadi diasah untuk membuat beberapa layer-layer ide. 200 kata pertama itu masih dibawah layer 1. Kalo udah mulai ngonsepin keyword2nya baru layer 1. Proses buat copy dan art yg bagus akan jadi layer-layer ide selanjutnya.

Ya intinya, pikiran yang gak mungkin bagi kita, mungkin banget buat iklan. Maka dari itu, berpikirlah se-absurd mungkin untuk sebuah konsep tapi tetap nyambung sama produk iklannya.

Gw aja sampe menganalogikan kuman dan tangan pacaran terus ketemuannya di gagang pintu. Ini buat bikin iklan hand sanitizer yg nunjukin betapa kotornya tangan kita setelah megang gagang pintu yg dalam waktu sehari bisa ribuan orng megang benda itu. Terus dibilang lucu, hehehe



#008 creativeNOTpassive

Tiap anak magang punya tim masing2. Ada yang dikepalai sama orang2 yg agak strict, ada jg yg dipegang sama orang2 santai. Untungnya orang kaya gw dapet atasan yg agak longgar. Ada yg diminta sama atasannya dateng jm 8 pagi dong. Yaampun udah kaya kuliah aja. Padahal kan pulangnya gak nentu jg kapan, nasib2..

Di kantor ini, setiap orang pasang waktu yg beda-beda. Ada yg Waktu Indonesia bagian barat, ada yang Tengah bahkan Timur. Dan gw adalah orang bagian Tengah hampir Timur. Gw gak pernah dtg jm 9. Paling cepet dtg stengah 10, pernah mendekati makan siang gw br dtg, dan pernah dateng setelah boss dateng, haha. Tapi kalo masalah waktu pulang, gw cukup loyal. Gw selalu pulang diatas jm 7. Ya kalo udah gabut, mondar-mandir aja dari satu tim ke tim lain nanya kabar, becanda2, nyampah2.

Jujur kadang gw bingung loh sampe kantor mau ngapain, haha. Hal pertama yg gw lakuin pastinya  tarik napas lega setelah keluar dari angkutan neraka nomer 63. Terus naik ke lantai 6 tempatnya anak2 kreatif Lowe.

Rasanya surga banget pas buka pintu masuk. Duduk di sofa, cek hp, nyantai dulu ah.. Buka laptop cek tugas yg udah gw buat, gw kasi liat ke mas-mas atasan, hehe. Kalo gak enak jawabannya disuruh benerin, kalo udah enak, disuruh kembangin lagi. Cari2 inspirasi di website2 advertising. Pengen cari inspirasi dari majalah, adanya FHM, cck. Dasar anak muda, pengen tauuuuu aja... hal-hal yg tertutup.